NASA memperbarui pedomannya tentang cara mencegah kontaminasi Tata Surya


Setelah bertahun-tahun berdebat, NASA berencana untuk memperbarui pedomannya untuk berapa banyak kontaminasi biologis dari dunia lain yang akan diizinkan saat agensi mengeksplorasi Tata Surya. Aturan baru akan melonggarkan beberapa persyaratan lembaga untuk bagaimana menjelajahi Bulan dan Mars - dua tujuan profil tinggi di mana NASA berharap untuk mengirim astronot di tahun-tahun mendatang.

Selama beberapa dekade, NASA telah mengikuti aturan yang cukup ketat tentang berapa banyak kontaminasi biologis dianggap dapat diterima setiap kali agen mengirim probe - atau orang - ke planet lain. Ini adalah konsep yang dikenal sebagai perlindungan planet, dan memiliki dasar hukum dalam perjanjian yang ditandatangani lebih dari 50 tahun yang lalu. Disebut Perjanjian Luar Angkasa, itu menantang negara-negara untuk menjelajahi dunia lain "untuk menghindari kontaminasi berbahaya mereka" dan tidak membawa kembali mikroba alien dari dunia lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada Bumi.

Tujuan besar perlindungan planet adalah mencegah kita melacak mikroba di seluruh Tata Surya. Dengan begitu, jika kita menemukan semacam bentuk kehidupan di dunia lain, kita akan tahu dengan pasti bahwa itu sebenarnya berasal dari dunia itu dan bahwa kita tidak meletakkannya di sana secara kebetulan. Perlindungan planet juga difokuskan untuk menjaga keamanan manusia. Jika suatu negara menemukan kehidupan, kami ingin memastikan itu tidak akan memusnahkan kami jika mereka membawanya kembali ke planet kita.

Mematuhi perlindungan planet selalu menjadi trade-off, karena hampir semua yang kita kirim ke luar angkasa memiliki semacam mikroba di dalamnya. Bergantung pada ke mana mereka menuju Tata Surya, pesawat ruang angkasa sering menjalani prosedur pembersihan yang sangat ketat dalam upaya untuk menyingkirkan organisme kecil ini. Bagi sebagian orang, itu berarti dipanggang pada suhu tinggi untuk mematikan mikroba dan membuat kendaraan serapi mungkin.

Tapi sekarang, NASA secara khusus fokus pada pengiriman manusia ke luar angkasa sekali lagi. Dan setiap kali orang pergi ke luar angkasa, kami membawa berton-ton bakteri, tidak peduli seberapa bersih kami. Dengan eksplorasi manusia sebagai prioritas tinggi, NASA sekarang ingin memikirkan kembali beberapa persyaratan yang lebih ketat untuk Bulan dan Mars - jika eksplorasi manusia akan terlalu sulit untuk dilakukan. Hari ini, NASA merilis dua "arahan sementara" baru yang menjabarkan perubahan potensial pada pedoman untuk menjelajahi Bulan dan Mars. Ini mengikuti bertahun-tahun desakan dari komunitas luar angkasa untuk memperbarui aturan-aturan ini.

Gesper666

Komentar